KATA KERJA OPERASIONAL UNTUK AFEKTIF
NO. | ASPEK | KATA KERJA DALAM KBK | KATA KERJA UNTUK ALAT UKURNYA |
1 | Kemauan menerima | - mendengarkan dengan perhatian - meningkatkan kesadaran akan pentingnya belajar - menunjukkan sensitifitas akan keperluan manusia dan persoalan-persoalan masyarakat - menerima berbagai-bagai kebiasaan - menerima dengan baik sebagai aktivitas kelas | - bertanya - memilih - memberikan - mengikuti - memberi - berpegang teguh - mengidentifikasi - melokalisir - memberi nama - menunjuk - memilih - menjawab - menggunakan |
2 | Kemauan menanggapi | -melengkapkan pekerjaan rumah yang ditentukan -menaati peraturan sekolah -ikut serta dalam diskusi sekolah -melengkapi karya laboratorik -sukarela melaksanakan tugas-tugas khusus -menyukai menolong orang lain | - menjawab - membantu - menghimpun - memperbincangkan - menolong - memberi nama - mempertunjukkan - memperaktekkan - mengemukakan - membaca - melaporkan - memilih - memberikan - menuliskan |
NO. | ASPEK | KATA KERJA DALAM KBK | KATA KERJA UNTUK ALAT UKURNYA |
3 | Berkeyakinan | - menunjukkan kepercayaan akan proses demokrasi - menghargai keputusan baik - menghargai peranan pengetahuan (lain subyek) dalam kehidupan sehari-hari - menunjukkan perhatian akan kesejahteraan orang lain - menunjukkan sikap pemecahan masalah - menunjukkan rasa wajib terhadap perbaikan masyarakat - menulis kembali - menyimpulkan - menceritakan - menulis | - melengkapi - menggambarkan - membeda-bedakan - menjelaskan - mengikuti - membentuk - memprakarsai - mengajak - bekerjasama - mempertimbangkan kebenaran - mengusulkan - membaca - melaporkan - memilih - mempelajari - ikut serta - berkarya |
NO. | ASPEK | KATA KERJA DALAM KBK | KATA KERJA UNTUK ALAT UKURNYA |
4 | Penerapan dalam kehidupan sehari-hari | - mengenal perkara keseimbangan antara keseimbangan dan tanggungjawab dalam demokrasi - mengenal peranan perencanaan yang sistimatik dalam pemecahan persolan - menerima tanggungjawab bagi perilakunya sendiri - memahami dan menerima kekuatan dan keterbatasanya - merumuskan rencana kehidupan yang selaras dengan…… | - terikat - mengubah - menyusun - mengkombinasikan - memperbandingkan - melengkapi - mempertahankan - menjelaskan - menarik kesimpulan umum - mengidentifikasikan - mengintegrasi - membuat modifikasi - menyusun - mengorganisir - mempersiapkan - menghubungkan - mensintesa |
NO. | ASPEK | KATA KERJA DALAM KBK | KATA KERJA UNTUK ALAT UKURNYA |
5 | Ketekunan, ketelitian | - menunjukkan keinsyafan yang benar - menunjukkan kepercayaan diri untuk bekerja sendirian - mempraktekkan kerjasama dalam aktivitas golongan - menggunakan langkah-langkah yang aktif dalam memecahkan persoalan - menunjukkan ketekunan, ketelitian dan disiplin pribadi | - bertindak - membeda-bedakan - memperagakan |
KATA KERJA OPERASIONAL UNTUK PSIKOMOTORIK
1. Meniru
2. Menyusun
3. Melakukan suatu pekerjaan dengan bimbingan
4. Melakukan dengan baik
5. Melakukan dengan sangat baik
NO. | KATA KERJA untuk Kompetensi Dasar | KATA KERJA UNTUK Indikator |
1 | Menuliskan dengan cermat dan teliti | Mewujudkan |
2 | Menggambarkan kembali suatu gambar | Membina |
3 | Mempersiapkan alat-alat laboratoirum secara cepat dan tepat | Mengkalibrasi |
4 | Memperbaiki alat-alat elektrik secara tepat dan benar | Menukar |
5 | Mendemonstrasikan cara-cara keja yang benar | Membersihkan |
6 | Menunjukkan suatu keterampilan | Menyusun |
7 | Menciptakan cara-cara baru dari suatu pertunjukkan | Menghubungkan |
Melatih | ||
Mengikuti | ||
Melokalisir | ||
Mengikat | ||
Mencampur | ||
Menajamkan | ||
Mengaduk | ||
Memanaskan | ||
Mengerjakan dengan teliti | ||
Menggunakan | ||
Mengidentifikasi | ||
Memulai | ||
Memalu | ||
Menjatuhkan | ||
Menghapus | ||
Menganyam | ||
Memahat | ||
Membukukan | ||
Melacak | ||
Memisahkan | ||
Mengganti | ||
Menyisipkan | ||
Menumbuhkan | ||
Menanam | ||
Menimbang | ||
Memangku | ||
Menjodohkan | ||
Membeli | ||
Membagi-bagi | ||
Memperlihatkan | ||
Mempertunjukkan | ||
Menirukan | ||
Mendemonstrasikan | ||
Menerangkan | ||
Mengubah | ||
Merevisi | ||
Merakit |
Untuk memperbaiki kata kerja pada kompetensi dasar, hasil belajar, dan indikator hasil belajar dapat digunakan contoh-contoh kata kerja pada tabel di bawah ini. Kedalaman dan keluasan materi dapat digunakan untuk gradasi dan kesinambungan kompetensi
Ranah Kognitif | ||||||||||
Pengetahuan | Pemahaman | Penerapan | Analisis | Sintesis | Penilaian | |||||
Mengutip | Menambah | Memerlukan | Menganalisis | Mengabstraksi | Mempertimbangkan | |||||
Menyebutkan | Memperkirakan | Menyesuaikan | Mengaudit/ memeriksa | Menganimasi | Menilai | |||||
Menjelaskan | Menjelaskan | Mengalokasikan | Membuat blueprint | Mengatur | Membandingkan | |||||
Menggambar | Mengkategorikan | Mengurutkan | Membuat garis besar | Mengumpulkan | Menyimpulkan | |||||
Membilang | Mencirikan | Menerapkan | Memecahkan | Mendanai | Mengkontraskan | |||||
Mengidentifikasi | Merinci | Menentukan | Mengkarakteristikkan | Mengkategorikan | Mengarahkan | |||||
Mendaftar | Mengasosiasikan | Menugaskan | Membuat dasar pengelompokkan | Mengkode | Mengkritik | |||||
Menunjukkan | Membandingkan | Memperoleh | Merasionalkan | Mengkombinasikan | Menimbang | |||||
Memberi label | Menghitung | Mencegah | Menegaskan | Menyusun | Mempertahankan | |||||
Membuat index | Mengkontraskan | Mencanagkan | Membuat dasar pengkontras | Mengarang | Memutuskan | |||||
Memasangkan | Mengubah | Mengkalkulasi | Mengkorelasikan | Membangun | Memisahkan | |||||
Menemutunju | Mempertahan | Menangkap | Mendeteksi | Menanggulangi | Memprediksi | |||||
Menamai | Menguraikan | Memodifikasi | Mendiagnosis | Menghubung | menilai | |||||
Membuat kerangka | Menjalin | Mengklasifikasi | Mendiagramkan | Menciptakan | Memperjelas | |||||
Menandai | Membedakan | Melengkapi | Mendiversifikasi | Mengkreasikan | Merangking | |||||
Membaca | Mendiskusikan | Menghitung | Menyeleksi | Mengkoreksi | Menugaskan | |||||
Menyadari | Mengunggulkan | Membangun | Memerinci ke bagaian-bagian | Memotret | Menafsirkan | |||||
Menghapal | Menggali | Membiasakan | Menominasikan | Merancang | Memberi pertimbangan | |||||
Meniru | Mengira | Mendemonstrasikan | Mendokumentasi | Mengembang | Membenarkan |
Mencatat | Mencontohkan | Menurunkan | Menjamin | Merencanakan | Mengukur |
Mengulang | menerangkan | Menentukan | Menguji | Mendikte | Memproyeksi |
Mereproduksi | Mengemukakan | Menemukan | Mencerahkan | Meningkatkan | Memerinci |
Meninjau | Memperluas | Menggambarkan | Menjelajah | Memperjelas | Menggradasi |
Memilih | Mempolakan | Menemukan kembali | Membagankan | Memfasilitasi | Merentangkan |
Menyatakan | Memfaktorkan | Membagankan | Memfile | Membentuk | Merekomendasikan |
Mempelajari | Menggeneralisasikan | Menggunakan | Membuat kelompok | Merumuskan | Melepaskan |
Mentabulasi | Memberikan | Menilai | Mengidentifikasi | Menggeneralisasi | Memilih |
Memberi kode | Menmyimpulkan | Melatih | Mengilustrasikan | Menumbuhkan | Merangkum |
Menelusuri | Berinteraksi | Menggali | Menyimpulkan | Menangani | Mendukung |
Menulis | Mengumpulkan | Membuka | Menginterupsi | Mengirim | Mengetes |
Memaknai | Mengemukakan | Menemukan | Memperbaiki | Memvalidasi | |
Mengamati | Membuat faktor | Menelaah | Menggabung | Membuktikan kembali | |
Merumuskan kembali | Membuat gambar | Menata | Memadukan | ||
Menggrafikkan | Membuat grafik | Mengelola | Membatasi | ||
Meramalkan | Menangani | Memaksimalkan | Menggabung | ||
Memperbaiki | Mengilustrasikan | Meninimalkan | Mengajar | ||
Menulis kembali | Mengadaptasi | Mengoptimalkan | Membuat model | ||
Membuat abstraksi | Menyelidiki | Memerintahkan | Mengimprovisasikan | ||
Merangkum | Memanipulasi | Menggarisbesarkan | Membuat jaringan | ||
Menjabarkan | Mempercantik | Memberi tanda/kode | Mengorganisasikan | ||
Mengkomunikasikan secara visual | Mengoperasikan | Memprioritaskan | Mensketsa | ||
Mempersoalkan | Mengedit | Mereparasi |
Mengkonsepkan | Menanyakan | Merencanakan | |||
Melaksanakan | Mengaitkan | Menampilkan | |||
Meramalkan | Memilih | Menyiapkan | |||
Menyiapkan | Memilah | Meresepkan | |||
Memberi harga | Mengukur | Memproduksi | |||
Memproses | Membagi ulang | Membuat program | |||
Memproduksi | Melatih | Menata ulang | |||
Memproyeksikan | Mentransfer | Merekonstruksi | |||
Melindungi | Mencari referensi | ||||
Menyediakan | Menggunakan referensi | ||||
Mengakitkan | Mereferensikan | ||||
Melingkari | Memperbaiki | ||||
Menyusun | Menuliskan kembali | ||||
Mempertunjuk | Menspesifikasi | ||||
Mensimulasikan | Merangkum | ||||
Mensketsakan | Mengkomposisikan | ||||
Memecahkan | |||||
Melanggankan | |||||
Mentabulasi | |||||
Membuat transkrip | |||||
Menterjemahkan | |||||
Melakukan |
Ranah Psikomotor | ||||
Mengaktifkan | Mengoreksi | Melonggrakan | Mengalihkan | |
Menyesuaikan | Mengkreasikan | Membuat | Memecahkan masalah | |
Menggabungkan | Mendemonstrasikan | Memanipulasi | Menempel | |
Melamar | Merancang | Mereparasi | Memadankan | |
Mengatur | Memilah | Mencampur | Menjeniskan | |
Mengumpulkan | Melatih | Memmaku | Menjahit | |
Menimbang | Mengencangkan | Mengoperasikan | Mempertajam | |
Memperkecil | Memperbaiki | Menjalankan | Membentuk | |
Membangun | Mengikuti | Menekan | Mensketsa | |
Mengkalibrasi | Menggiling | Memproduksi | Memulai | |
Mengubah | Memegang | Menarik | Menyetir | |
Membersihkan | Memalu | Mendorong | Menggunakan | |
Menutup | Memanaskan | Memindahkan | Menimbang | |
Mengkombinasikan | Menggantung | Memperbaiki | Membungkus | |
Memposisikan | Mengidentifikasikan | Menggantikan | Mengemas | |
Menyambungkan | Mengisi | Memutar | ||
Mengkonstruksi | Menempatkan | Menggirim |
RANAH AFEKTIF | ||||
Menerima | Menanggapi | Bekerja sama | Menganut | Menghayati |
Mempertanyakan | Bertanggungjawab | Mengasumsikan tanggungjawab | Mengubah | Bertindak |
Memilih | Membantu | Meyakini | Menata | Mengubah perilaku |
Mengikuti | Mengajukan | Melengkapi | Mengklasifikasikan | Berakhlak mulia |
Memberi | Mengkompromikan | Meyakinkan | Mengkombinasikan | Berfilosofi |
Menganut | Menyenangi | Memperjelas | Mempertahankan | Mempengaruhi |
Mematuhi | Menyambut | Membedakan | Membangun | Menimbang masalah |
Meminati | Mendukung | beriman | Membentuk pendapat | Mendengarkan |
Menyetujui | Memprakarsai | Menunjukkan dengan | Mengajukan usulan | |
Menampilkan | Mengundang | memadukan | Mengkualifikasi | |
Melaksanakan | Menggabungkan | Mengelola | Mempertanyakan | |
Menampilkan | Memperjelas | Menimbang alternatif | Melayani | |
Melaporkan | Berperanserta | Menegosiasi | Menunjukkan kematangan/kedewasaan | |
Memilih | Mengusulkan | Berembuk | Memecahkan | |
Mengatakan | Menekankan | Bersilang pendapat | Membuktikan kembali | |
Membuat pertanyaan | Berbagi | |||
Memilah | Menyumbang | |||
Menolak | Bekerjakeras |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar